Kesehatan: makanan yang meningkatkan risiko kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang semakin dikenal oleh masyarakat karena jumlah penderitanya semakin banyak.

Apa sebenarnya yang terjadi sehingga jumlahnya semakin banyak?

Di zaman modern seperti saat ini, yang mana orang-orang berlomba-lomba mengejar karir, lifestyle seseorang sudah berubah menjadi lifestyle yang buruk. Masyarakat zaman sekarang mulai meninggalkan alam. Bahkan mereka bekerja untuk mengeksploitasi alam itu sendiri. Manusia menjadi serakah, namun pada blog ini bukan hal itu yang akan saya bahas.

Pada blog ini saya akan membahas makanan yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Selain makanan ada beberapa faktor risiko lainnya, namun pada kesempatan ini saya akan menekankan pada makanannya.

Berikut adalah beberapa makanan yang meningkatkan risiko terkena kanker:

1. Daging dan makanan yang diproses
Sosis dan nuget adalah contoh dari makanan yang diproses. Di dalam makanan itu diberi bahan kimia dan pengawet kimia yang membuat makanan tersebut lebih tahan lama. Hal ini terutama menguntungkan bagi produsen karena makanannya tahan lama dan tidak cepat membusuk, namun nutrisi yang dikandung didalam daging yang diproses tersebut menjadi berkurang dan bahkan bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

2. GMOs
GMOs, genetically modified organisms, adalah istilah untuk organisme yang secara genetik diubah agar organisme tersebut lebih cepat besar, tumbuh, dan menghasilkan. Organisme ini secara seluler terjadi perubahan yang apabila dimakan oleh manusia akan menyebabkan reaksi yang berbeda bila dibandingkan dengan organisme yang natural. Para pakar tidak menyadari hal ini justru bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

3. Makanan non organik
Makanan non organik adalah makanan yang pada saat diproduksi menggunakan pestisida kimia dan pupuk kimia. Bahan kimia ini akan menyerap ke dalam makanan tersebut dan apabila dimakan manusia akan berakibat buruk. Selain manusia, hewan-hewan ternak juga akan terkena imbasnya bila memakan makanan yang non organik ini.

4. Makanan yang terbakar gosong
Makanan yang gosong akibat kesalahan proses pemasakan atau yang disengaja karena rasa enaknya, menyebabkan kerusakan dari makanan tersebut. Bila kita memakannya akan mempengaruhi tubuh kita juga. Apabila menemukan ada bagian makanan yang gosong, buanglah bagian tersebut.

5. Pemanis dan penyedap buatan
Banyak pemanis dan penyedap buatan yang akhir-akhir ini disebutkan dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker. Contoh makanannya pada snack-snack, makanan dan minuman instan yang disukai masyarakat. Akan lebih aman bila memakan makanan alami yang memang diperuntukkan untuk manusia yang mana manusia merupakan bagian dari alam itu sendiri.

Sumber bacaan:
www.naturalnews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengurus izin kegiatan di lapangan renon

Dokter internship Situbondo: Ambugellu

Bali: Bade setinggi 28 meter dengan berat 6 ton diusung secara estafet