Dokter internship Situbondo: Ambugellu

Kali ini saya akan bercerita pengalaman saya sebagai dokter internship di Situbondo, Jawa Timur. Saya akan internship (magang) di Situbondo dari bulan Juni 2014 sampai Juni 2015.

Kabupaten Situbondo merupakan kabupaten yang indah. Kabupaten ini berupa wilayah pantai di utara dan pegunungan di selatan. Kabupten Situbondo dilalui jalan pantura Jawa Bali dari barat ke timur. Kota Situbondo terletak di jalan pantura tersebut.

Dari segi ekonomi, Kabupaten Situbondo termasuk salah satu kabupaten miskin di Jawa Timur. Tak heran hal ini mempengaruhi sisi kesehatan masyarakatnya.

Kerja hebat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo

Akibat index kesehatan masyarakat Situbondo berada di level yang rendah, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo berupaya keras agar meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Situbondo.

Upaya promosi kesehatan dan pencegahan merupakan tujuan utama yang dilakukan dinkes Situbondo selain pengobatan dan rehabilitasi. Salah satu wujud nyata dari upaya tersebut adalah melakukan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis di alun-alun kota Situbondo. Acara ini dilakukan saat tiap malam minggu, di saat alun-alun kota dipenuhi masyarakat Situbondo.

Ambugellu (ambulan gerak langsung layanan umum)

Ambugellu, yang dalam bahasa Madura yang berarti diam sejenak, merupakan salah satu media promosi kesehatan dan pemeriksaan gratis masyarakat Situbondo.

Tiap malam minggu di alun-alun kota Situbondo, ambugellu berhenti sejenak untuk mempromosikan kesehatan dan pemeriksaan gratis. Agar masyarakat tertarik untuk berkunjung, dinkes Kabupaten Situbondo bekerja sama dengan para artis-artis lokal Situbondo seperti pelawak dan dangdut.

Para artis tersebut beraksi di atas panggung yang bisa disaksikan masyarakat bersama keluarga mereka. Di tengah-tengah acara tersebut diselipkan promosi-promosi kesehatan baik dari dinkes kab Situbondo maupun dari guyonan-guyonan pelawak.

Acara tersebut nampaknya berhasil menarik minat masyarakat untuk mendekat. Salut untuk Dinkes Kabupaten Situbondo!

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Nama dokter internship siapa saja? Minta tolong nama lengkapnya ya. Makasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengurus izin kegiatan di lapangan renon

Bali: Bade setinggi 28 meter dengan berat 6 ton diusung secara estafet