Bali: another paradise lost?

Bali dulu berbeda dengan Bali yang sekarang. Dahulu Bali terkenal dengan masyarakatnya yang sangat ramah, gotong royong, toleransi; alamnya begitu asri, bersih, rapi; dan budayanya begitu kental di dalam kehidupan sehari-hari.

Apa yang terjadi saat ini? Saat ini, akibat pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat yang tidak diimbangi oleh sumber daya manusianya, Bali berubah 180 derajat.

Masyarakat Bali dan budayanya masa kini

Masyarakat Bali saat ini cenderung menjadi egois, materialistis dan tidak peduli terhadap sesama. Masyarakat Bali lebih mementingkan sesuatu hal yang menghasilkan uang. Mereka cenderung terbutakan oleh materi yang diberi dari pariwisata Bali.

Mereka mulai melupakan saudara mereka. Mereka lebih memilih mengurus uang yang mereka dapatkan daripada saudara mereka.

Budaya Bali sampai saat ini memang begitu kental di dalam kehidupan masyarakat Bali. Budaya Bali begitu melekat di dalam kegiatan spiritual masyarakat Bali, yang didominasi oleh agama Hindu, dari dulu sampai sekarang, akan tetapi sampai kapankah budaya Bali bisa bertahan terhadap sifat materialistis masyarakat Bali sendiri? Akankah budaya Bali akan terlupakan seperti alam Bali yang mulai rusak dan mulai terlupakan?

Alam Bali masa kini

Istilah pariwisata untuk Bali sudah terlupakan. Saat ini istilah tersebut berubah menjadi Bali untuk pariwisata. Bumi Bali dieksploitasi besar-besaran sampai melupakan alam Bali tersebut hanya demi mendapatkan untung dari pariwisata.

Alam Bali tidak seindah masa lalu. Saat ini banyak sawah yang berubah menjadi gedung-gedung hotel, penginapan, resort, dan lainnya. Perubahan ini tidak diimbangi dengan perbaikan alam tersebut, malah menjadi perusakan alam lebih besar lagi.

Saat ini teluk Benoa akan di reklamasi menjadi daratan untuk pembangunan  infraruktur pariwisata. Apakah belum cukup kerusakan alam Bali?

Walaupun terjadi pembangunan besar-besaran di Bali, masyarakat Bali hanya menjadi penonton. Mereka tampak dibodohi oleh para investor.

Kita tunggu saja apa yang akan terjadi pada Bali ini. Apakah benar kata-kata another paradise lost akan benar-benar terjadi?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengurus izin kegiatan di lapangan renon

Dokter internship Situbondo: Ambugellu

Bali: Bade setinggi 28 meter dengan berat 6 ton diusung secara estafet