kesehatan: makanan untuk kesehatan jantung

Makanan adalah obat. Ya, seharusnya memang begitu. Manusia merupakan bagian dari alam dan mendapat makanan dari alam. Bila manusia kembali ke alam, tidak seperti sekarang yang sering makan makanan "buatan pabrik", tubuh manusia akan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika manusia tetap memakan "junk food" maka akan banyak penyakit yang menghampirinya seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

Seperti yang dikatakan bapak kedokteran Hippocrates "food as medicine"

Makanan tinggi gula, lemak jahat (trans fat), makanan berpengawet, daging ternak yang disuntik hormon dan antibiotik adalah contoh makanan buatan manusia yang bisa menyebabkan penyakit melalui proses inflamasi kronis (proses radang kronis).

Bagaimana makanan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner

Makanan-makanan tidak sehat seperti yang disebutkan diatas dapat memicu suatu reaksi radang kronis di dalam tubuh kita. Reaksi radang yang kronis ini melalui zat-zat radang di dalam pembuluh darah akan merusak dinding pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan pembuluh darah akan cenderung menjadi sempit dan kaku. Kolesterol darah akan masuk ke dalam pembuluh darah yang rusak tersebut dan akan menyebabkan saluran pembuluh darah akan menyempit. Akan berbahaya bila penyempitan ini terjadi di pembuluh darah yang menutrisi jantung, hal ini yang dinamakan penyakit jantung koroner.

Makanan sebagai obat

Makanan seharusnya sebagai obat, bukan sebagai racun. Makanan yang sehat seharusnya yang menutrisi tubuh kita, bukan yang menyebabkan kita sakit. 

Sehingga jauhilah makanan yang menyebabkan sakit dan makanlah makanan yang sehat bagi tubuh anda.

Berikut adalah contoh makanan yang sehat untuk jantung dan pembuluh darah anda:
1. Yogurt
    Yogurt merupakan susu yang difermentasi oleh bakteri yang baik bagi usus kita. Bila mengkonsumsi probiotik ini, usus akan dijauhi oleh bakteri jahat. Bakteri jahat ini bisa merangsang terjadinya proses inflamasi yang akan menimbulkan banyak zat-zat inflamasi / radang di dalam pembuluh darah. Hal ini akan merusak pembuluh darah tersebut.

2. Minyak ikan
    Minyak ikan mencegah terjadinya reaksi inflamasi di tubuh

3. Teh hitam
    Penelitia  mengatakan bahwa teh hitam mengandung zat theaflavin yang merupakan zat anti inflamasi

4. Pomegranate
    Buah ini melindungi dinding pembuluh darah dari oksidan. Oksidan bisa merusak dinding pembuluh darah. Tak heran buah ini disebut sebagai buah antioksidan.

5. Dark berries
    Lebih hitam lebih baik! Ya, dark berries mengandung zat antioksidan anthocyanins yang akan melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan.

Itulah beberapa contoh makanan yang bisa membuat sehat jantung anda. Adakah teman-teman mengetahui makanan sehat lainnya?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengurus izin kegiatan di lapangan renon

Dokter internship Situbondo: Ambugellu

Bali: Bade setinggi 28 meter dengan berat 6 ton diusung secara estafet