kesehatan: liburan baik untuk kesehatan jantung

Seperti yang saya sebutkan di artikel pertama saya di blog ini bahwa stres merupakan faktor risiko terjadinya penuaan dini. Ya, stres dalam pekerjaan, stres dalam rumah tangga, stres di sekolah yang berlarut-larut bisa mengganggu baik kesehatan mental anda maupun kesehatan fisik anda.

Ada pepatah mengatakan "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat" . Pepatah itu memang benar adanya. Beberapa penelitian mengatakan hal yang serupa.

Apa yang dikatakan penelitian mengenai hubungan kesehatan dengan liburan

Sebuah penelitian oleh the Framingham Heart Study, yang dilakukan pada sejumlah wanita dan diamati selama 20 tahun, menemukan bahwa pada wanita yang menjalani liburan satu kali tiap enam tahun atau kurang memiliki risiko delapan kali terkena penyakit jantung koroner atau serangan jantung dibandingkan pada wanita yang minimal melakukan liburan dua kali setahun.

Penelitian lain yang mengamati 12.000 laki-laki yang mempunyai risiko tinggi penyakit jantung koroner selama sembilan tahun menemukan bahwa mereka yang tidak dapat liburan sekali setahun mempunyai risiko 21 persen meninggal akibat semua kasus penyakit dan 32 persen meninggal akibat serangan jantung.

Bagaimana stres bisa mempengaruhi kesehatan kita, terutama kesehatan jantung

Liburan dapat mengurangi stres dengan melupakan sejenak pekerjaan kantor, sekolah dan rumah tangga. Kita dapat berpikir lebih jernih setelah liburan kita dan akan lebih efektif dalam melakukan pekerjaan kita. 

Selain itu, liburan juga mempengaruhi kesehatan fisik kita. Stres yang berlarut-larut tidak baik bagi kesehatan kita baik kesehatan mental dan fisik. Pada kesehatan jantung, stres memiliki peran dalam meningkatkan reaksi inflamasi atau radang di dalam pembuluh darah. Reaksi inflamasi ini bisa merusak dinding pembuluh darah dan akan berbahaya bila terjadi di pembuluh darah jantung. Hal ini yang dikenal dengan penyakit jantung koroner.

Apa yang harus kita lakukan sekarang

Pergi liburan sekarang juga! Jadwalkan rencana liburan anda di kalender anda. Pergilah dengan keluarga, atau pacar tercinta. Nikmatilah hari-hari libur anda tanpa gangguan pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas rumah yang membosankan. Kemana anda akan liburan akhir pekan nanti?

Tension is who you think you should be, but relaxation is who you are.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengurus izin kegiatan di lapangan renon

Dokter internship Situbondo: Ambugellu

Bali: Bade setinggi 28 meter dengan berat 6 ton diusung secara estafet