another overthinking

semua bayi yang lahir pada awalnya tidak ada yang jahat. semua manusia yang lahir pada awalnya tidak ada yang jahat. bayi terlahir bagaikan kertas putih yang siap dicoreti menjadi lukisan indah atau menjadi lukisan menyeramkan. siapa yang mencoreti kertas putih itu? dia adalah lingkungan kita, baik bisa berupa manusia dewasa, kejadian yang terjadi di sekitar kita.

sehingga, apabila kita menemui manusia yang berbeda dengan kita, kita tidak boleh menyalahi mereka seratus persen akibat kelakuan mereka. ada andil linkungan dan orang-orang sekitar terhadap kelakuan mereka. lingkungan itu banyak sekali seiring perjalanan tumbuh kembang si manusia, bisa manusia yang ditemuinya di sekolah, di rumah, di jalan, di televisi yang banyak propagandanya, media sosial, buku yang dibaca, kejadian yang terjadi terhadap dirinya.

######

manusia gampang dipengaruhi, bisa dipengaruhi oleh keinginan manusia lainnya. karena manusia adalah bagian dari alam semesta yang sangat luas dan tidak terbatas ini. isi dari alam semesta ini saling mempengaruhi satu sama lain, misal planet mengelilingi bintang karena ada pengaruh gaya gravitasi, mereka bergerak sinkron satu sama lain. bila tidak ada yang sinkron akan hancur pada akhirnya. saling bertabrakan. menyisakan benda-benda angkasa yang hanya berjalan sinkron. apabila ingin tetap ada di dunia luas ini, kamu harus berjalan sinkron sagtu dengan yang lainnya. bila tidak sinkron carilah galaksi yang lain yang sinkron dengan mu.

apakah kamu tidak merasa hal tersebut mirip dengan yang terjadi pada manusia? ya manusia juga begitu karena manusia bagian dari alam semesta ini. manusia yang tidak sepaham atau tidak toleransi terhadap manusia lainnya, bisa saling menghancurkan, menyisakan manusia yang sepaham dengannya, yang menuruti aturannya. kehancuran ini bisa terjadi hanya pada satu sisi yang lemah atau bahkan terjadi pada kedua belah pihak, keduanya hancur dan masuk ke dalam lubang hitam.

seperti ajaran hindu, apa yang ada di buana agung (alam semesta) juga ada pada buana alit (manusia).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengurus izin kegiatan di lapangan renon

Dokter internship Situbondo: Ambugellu

Bali: Bade setinggi 28 meter dengan berat 6 ton diusung secara estafet