My book: Rahasia yang tidak diberitahu di sekolah, yang membuatmu menjadi juara di bidang yang kamu suka

"mulai asah kapakmu"

kita bisa membuat diri kita "pintar". orang-orang selama ini mengatakan bahwa orang pintar adalah bakat, bawaan dari orok, memang begitu adanya. seakan-akan menjadi orang pintar akibat dari pengaruh dari luar yang kita tidak bisa mengubahnya.

sebenarnya kita bisa membuat diri kita menjadi "pintar" secara sadar, asal kita tahu caranya. kebanyakan orang tua dan guru-guru kita tidak memberitahunya dengan jelas. sekolah-sekolah saat ini hanya mencari calon-calon murid didik yang sudah "jadi". ketika sudah diterima mereka hanya diberi pelajaran dan membuat mereka menjadi bertambah pintar "sedikit". bagaimana dengan orang yang mereka anggap "bodoh" dan tidak diterima di sekolah mereka? apakah sekolah-sekolah tersebut tidak bisa mengubah mereka menjadi "pintar"? sekolah hanya tidak tahu caranya.

ada sesuatu hal yang tidak diketahui oleh sekolah dan tidak akan kamu dapatkan di sekolah-sekolah. buku ini saya buat untuk menjawab pertanyaan tersebut, menjawab kekosongan tersebut. sebenarnya kita bisa mengubah "kebodohan" kita menjadi seseorang yang berhasil di bidang masing-masing.

bung Karno pernah mengatakan "beri saya sepuluh pemuda dan saya akan mengguncang dunia". apakah Bung Karno membedakan pemuda yang akan dia pilih merupakan pemuda yang "pintar" atau "bodoh"? tidak. karena beliau tau cara untuk membuat orang menjadi "pintar". beliau hanya perlu sepuluh pemuda. bagaimana jadinya jika seluruh pemuda Indonesia? saya harap dengan diterbitkannya buku ini, Indonesia akan menjadi negara maju suatu saat nanti. Pasti.

ubah pikiranmu, maka kau akan mengubah duniamu.




Pendahuluan:

apakah kalian ada yang pernah merasa tidak memiliki tujuan hidup? tugas-tugas sekolah atau kantor menumpuk karena tidak ada motivasi untuk mengerjakannya? melihat orang lain bergerak maju, sedangkan kalian masih tetap di tempat, bingung mau kemana? semua itu pasti pernah melintas di pikairan kalian, tetapi kalian mengabaikannya dan tidak mencari jawabannya, karena terlalu malas untuk memikirkannya.

pikiran-pikiran tersebut di atas sering melintas dipikiran saya, awalnya tidak saya tanggapi. akan tetapi, seiring dengan semakin menumpuknya tugas saya dan ssemakin tertinggalnya saya dari teman-teman yang lain, saya malah sibuk sendiri mencari jawaban dari pertanyaan saya, bukannya membuat tugas dan belajar untuk mengejar ketertinggalan.Saya sibuk membeli buku yang kiranya bisa menjawab pertanyaan saya dan juga mencari referensi di internet.

seharusnya saya mengerjakan dulu tugas-tugas saya, baru setelah itu mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan saya mengenai kehidupan yang bermunculan di pikiran saya. akan tetapi menurut saya pertanyaan tersebut begitu mendesak untuk segera dijawab agar saat saya mengerjakan tugas-tugas saya, saya bisa mengerjakannya dengan rasa tidak tertekan dan melakukannya dengan senang hati dan bertujuan jelas. akibatnya banyak tugas-tugas sekolah saya yang tidak terselesaikan tepat waktu dan selesai dengan banyak kekurangan.

pencarian jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut pada hakikatnya adalah merupakan pencarian jati diri saya sebenarnya. siapakah saya sebenarnya di dunia ini. apabila kalian mengenali jati diri kalian sebenarnya, kalian akan tidak merasa aneh lagi karena berbeda dengan yang lainnya, berbeda dengan keinginan masyarakat, kalian akan merasa lebih percaya diri atas keunikan kalian. sehingga pada akhirnya kalian akan meraih kesuksesan kalian sesuai apa yang kalian cita-citakan, tanpa paksaan orang tua, masyarakat dan tanpa rasa kurang motivasi.

Rahasia kehidupan sebagai pelajar:

bagaimana gaya berpikir kita (4)

apakah anda pernah memperhatikan perilaku teman-teman anda di sekolah atau di kantor? mereka mengerjakan tugas dan melakukan berbagai hal dengan cara yang berbeda. ada yang mengerjakan tugas dengan cepat dan tepat waktu. ada yang mudah menerima ilmu yang diajarkan oleh guru atau bos mereka. sedangkan, kita masih tetap jalan ditempat, tidak bergerak maju, dan sibuk mencari-cari alasan dan selalu menghindar.

sebenarnya salah satu yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah gaya berpikir kita. menurut Anthony Gregorc, gaya berpikir bisa dibedakan menjadi empat jenis... to be continued

memiliki sense of purpose (3)

pada bulan Mei tahun 2017, Mark Zuckerberg pendiri facebook memberikan pidato saat pemberian ijazah kelulusannya di universitas Harvard. dia mengatakan orang-orang saat ini kurang mempunyai sense of purpose... to be continued

berpikir cepat dan lambat (5)

sebagian besar tindakan kita di dunia ini adalah karena pemikiran cepat kita yang lebih tanpa hambatan, tidak melelahkan, bagaikan auto pilot. hal tersebut dikarenakan sifat asli manusia yang pemalas. walaupun berpikir cepat, sebenarnya banyak cacat, eror di dalam pengambilan keputusan hanya berdasarkan pemikiran cepat. kita perlu berpikir lebih lambat untuk mengevaluasi langkah-langkah yang kita akan ambil, tidak langsung menuju kesimpulan akhir. untuk itu kita perlu mengetahui saat-saat kita mulai berpikir cepat dan berpikir lambat saat akan membuat keputusan... to be continued

masa lalu dan masa depan yang kamu pikirkan, terjadi saat ini (7)

pernahkah kalian melihat teman kalian atau diri kalian sendiri merasa canggung, suara sulit keluar saat berbicara atau presentasi di depan orang banyak? pasti kalian pernah mengalaminya. apakah yang menyebabkan sehingga bisa menyebabkan hal yang memalukan tersebut? hal itu terjadi karena alam bawah sadar kita tidak bisa membedakan mana yang masa lalu dan kecemasan masa depan. yang alam bawah sadar tau hanya saat ini. sehingga emosi yang muncul bila kita mengingat masa lalu atau masa depan, akan dianggap saat ini oleh alam bawah sadar. sehingga tubuh kita akan bertindak seperti hal tersebut terjadi saat ini juga... to be continued

seberapa kuat alam sadarmu melawan, alam bawah sadar selalu mengendalikan kehidupanmu (9)

apakah anda pernah mengalami grogi saat maju? tangan gemetaran, suara kacau kadang susah keluar sperti leher tercekik.padahal anda sudah berusaha melawannya secara sadar. saat itulah alam bawah sadarmu mempengaruhi tindakanmu, seperti yang saya sebutkan di tulisan saya sebelumnya.
bagaimana caranya agar alam bawah sadar kita berubah seperti keinginan kita? selain dengan membayangkan tujuan akhir kita dan afirmasi positif yang terus menerus, kita bisa dengan cepat mengubahnya dengan membayangkan dan bertindak sebagai orang yang kita inginkan. carilah panutan yang anda idamkan, dan anggaplah anda bertindak seperti dia. mencari panutan bisa dari orang tua, guru, orang-orang terkenal dari biografi-biografi ternama.

Referensi:

1. Kim, Rando. Time of your life
2. Noer, Gina S. Rudy kisah masa muda sang visioner
3. Zuckerberg, Mark. Mark Zuckerberg's commencement address at Harvard
4. Gregorc, Anthony. Mind styles
5. Johnson, Erik. Book summary: thnking fast and slow by Daniel Kahneman, summarized by Erik Johnson
6. Beaumont, John. Building skills for the TOEFL iBT
7. youtube.com/youarecreators. brainwash yourself in 21 days for success!
8. buku baca kilat
9. Clear, James. Book Summaries: Popular Books Summarized in 3 Sentences or Less

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengurus izin kegiatan di lapangan renon

Dokter internship Situbondo: Ambugellu

Bali: Bade setinggi 28 meter dengan berat 6 ton diusung secara estafet